Wisata Sejarah Musium Timah | Rental Mobil di Pangkal pinang

Musium Timah | Rental Mobil Di Pangkal pinang : Museum Timah Indonesia, yang berada di Pangkalpinang, tercatat sebagai satu-satunya di Asia. Apa saja yang terdapapat dalam museum Timah ini. Kenapa musium timah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bangka. musium timah terletak di tengah-tengah kota Pangkalpinang, kurang lebih 10 menit dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang. Bagi anda yang ingin menikmati wisata bersejarah di kota Pangkalpinang, kami Gama Rental Car | Rental mobil di Pangkal pinang siap mengantar Anda. Berikut ulasan singkat redaksi Bangka Tour, yang disadurkan dari Bangka.

musium timah

musium timah

Sejarah Timah Di Bangka  :

A. Sejarah
Eksplorasi bijih timah dengan pemboran telah dilakukan sekurangnya awal abad 18 sejak itu teknologi pemborantimah berkembang baik peralatan maupun metodanya.

CIAM
Pemboran pada mulanya dilakukan dengan alat bor tusuk yang diperkenalkan oleh pendatang Cina di awal abad 18.Orang Cina menamakannya Ciam yang berarti ujung runcing sedangkan orang Belanda menamakanya Chinese Stick. Ciam adalah sebuah tongkat yang terbuat dari tembaga. Diujungnya terdapat takuk untuk mengambil contoh lapisan tanah. Kedalaman eksplorasi terbatas.

BOR BANGKA
Sejak tahun 1885, Bor bangka mulai digunakan. Alat ini diciptakan oleh J.E. Akkeringa, seorang ahli geologi BTW. Peralatan ini berguna untuk pemboran lapisan alluvial dengan kedalaman kurang dari 40 M. Kesederhanaan dan kemampuan untuk beroprasi di medan jenis apapun mendorong popularitasnya. Hampir seluruh eksplorasi mineral berat dari lapisan tanah sekunder pada tahap tertentu menggunakan Bor Bangka.

ALLUVIAL DALAM
Memasuki abad ke 19, mulai ditemukan lapisan alluvial dalam dimana Bor Bangka sudah tidak mampu menembusnya, maka diciptakanlah berbagai modifikasi alat bor yang berbasis pada Bor Bangka.

EKSPLORASI LAUT
Eksplorasi laut diawali pada tahun 1952 sejak diciptakan ponton bor kontiki dan tahiti. Pada Tahun 1966, dibuat kapal bor pelatuk yang dilengkapi dengan alat bor yang sanggup menegbor hingga kedalaman 78 meter dan dilengkapi dengan alat geofisik laut sparker.

Beberapa jenis ponton bor yang dikenal kemudian diantaranya adalah elevated drilling ring KB Bintang, drilling barge belibis dan drilling barge yang dilengkapi dengan seismic geomin.

PENAMBANGAN TIMAH DI DARAT.
Penambangan Timah pada awalnya sangat bergantung pada tenaga manusia dengan peralatan sederhana. Penambangan modren diawali sejak digunakannay mesin uap pada pertengahan abad ke 19. Baru seteah itu Timah memasuki penambangan era modern seperti yang berlangsung saat ini.

Kami menampilkan gambar yang ada di dalam musium timah sebagai berikut :

alat penambang kuno

alat penambang kuno

Biji Timah

Biji Timah

eksplorasi timah

eksplorasi timah

hiasan dari timah

hiasan dari timah

ilustrasi penambang timah

ilustrasi penambang timah

Sejarah timah

Sejarah timah

timah murni

timah murni

Sumber : Wikipedia, Bangka Tour